oleh

TPS 3 R Tanjung Api Desa Labuan Diresmikan

TOUNA – Bupati Tojo Una-Una (Touna) Mohammad Lahay, SE, MM yang diwakili oleh Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup Touna Alimudin Mohamad SE, M.Si meresmikan Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce dan Recycle (TPS 3 R) Tanjung Api di Desa Labuan, Kecamatan Ratolindo, Kabupaten Touna, Kamis (18/11).

Kegiatan tersebut dilaksanakan atas kerjasama Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup Touna dengan Balai Pelaksana Permukiman Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng).

Hadir dalam kegiatan ini, Kepala Balai Pelaksana Permukiman Provinsi Sulteng DR. Aksa A. Madani ST. MM, Kades Labuan Rustam S. Thalib, Bhabinkamtibmas Aipda Rudianto Sangketa, Babinsa Serka Harun Baso, Anggota dan Pengurus TPS 3R, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan Perangkat Desa Labuan.

Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup Alimudin Mohamad mengatakan, TPS 3R merupakan fasilitas yang diperuntukkan sebagai pengolahan sampah dengan berbagai keunggulan, salah satunya yakni daur ulang sampah plastik maupun sampah organik.

“TPS 3R ini nantinya dapat menjadi titik awal bagi pengembangan pengelolaan persampahan dan sanitasi berbasis masyarakat yang lebih berkualitas dan lebih baik lagi kedepannya,” katanya.

Dia menambahkan, bahwa sesuai Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Nomor 03 Tahun 2013, bahwa pengelolaan sampah dengan prinsip 3R ini dipandang sebagai sistem pengelolaan sampah dengan inovasi terbaik yang dapat mengendalikan persoalan pencemaran lingkungan.

“Tak hanya itu, teknologi tempat pengelolaan sampah TPS 3R juga dapat menjadi solusi dalam mendorong perekonomian disektor pemanfaatan limbah rumah tangga, serta upaya dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup,” ujarnya

Dia berharap Pemerintah Desa Labuan dapat mempergunakan aset Desa ini sebaik-baiknya demi menciptakan Desa Labuan yang bebas daerah sampah rumah tangga.

“Sampah juga bisa menghasilkan keuntungan yang besar apabila di pilah-pilah sesuai dengan jenis. Plastik bisa di daur ulang dan sampah  basah bisa dijadikan pupuk organik,” jelasnya.(red)

 

Komentar

News Feed