oleh

Wabup Touna Buka Pertemuan Lintas Sektor Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 serta Penanggulangan Stunting

TOUNA – Wakil Bupati Tojo Una-Una (Touna), Ilham, SH membuka Kegiatan Pertemuan Lintas Sektor Dalam Pelaksanaan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19, Serta Penanggulangan Stunting Tingkat Kabupaten Touna Tahun 2021 di Hotel Ananda Ampana, Jumat (12/11).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Touna ini, dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Touna, Dra. Javanet Alfary, MAP, Sekertaris Dinas Kesehatan Touna, Ishak W. Kanali, SKM, MM dan diikuti oleh Camat se-Kabupaten Touna, Kepala Puskesmas se-Kabupaten Touna dan Ketua TP-PKK se- Kabupaten Touna.

Wabup Touna dalam sambutannya menyampaikan kemunculan wabah Covid-19 yang telah menjadi pandemi di seluruh dunia, telah berdampak besar terhadap sendi dan sektor kehidupan, dari mulai ekonomi, pariwisata, pendidikan, sosial dan sektor-sektor lainnya.

“Hal ini tentunya merupakan ujian sekaligus tantangan terberat yang harus kita hadapi bersama. Berbagai upaya yang dilakukan pemerintah dalam penanggulangan Covid-19 tidak lepas dari peran dan dukungan kita semua,” ucap Wabup.

Untuk itu, kata Wabup,  kita semua yang hadir disini harus mengedukasi masyarakat pada masa pandemi Covid-19 sekarang ini.

“Baik dalam hal menyampaikan kebijakan pemerintah akan pentingnya menjalankan protokol kesehatan, melakukan vaksinasi, terutama dalam menangkal informasi-informasi hoaks kepada masyarakat terkait Covid-19 dan vaksin,” kata Wabup.

Wabup mengatakan, bahwa vaksinasi merupakan suatu upaya yang bertujuan untuk membentuk kekebalan tubuh dan kelompok/Herd Immunity, menurunkan kesakitan dan kematian terhadap Covid-19, melindungi dan memperkuat sistem kesehatan secara menyeluruh.

“Saya berharap agar seluruh masyarakat di Kabupaten Touna lebih menegakkan disiplin dalam melaksanakan protokol kesehatan,” ujar Wabup.

Wabup mengajak seluruh peserta untuk bersama-bersama, saling bersinergi, dan terus menjalin koordinasi sehingga pencegahan dan pengendalian covid 19 dengan mensukseskan program vaksinasi terhadap masyarakat Kabupaten Touna dapat terlaksana sesuai dengan yang diharapkan.

“Karena saat ini Kabupaten Touna merupakan salah satu Kabupaten dengan tingkat vaksinasi terendah di Sulawesi Tengah,” ungkapnya.

Lanjut kata Wabup, meskipun kita tengah disibukkan dengan penanganan dan pencegahan Covid-19, namun jangan sampai melupakan salah satu program prioritas nasional yaitu percepatan pencegahan dan penanganan stunting.

“Sebagaimana kita ketahui bersama stunting merupakan kondisi gagal tumbuh pada anak berusia di bawah lima tahun (balita) akibat kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang terutama pada 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK),” lanjutnya.

Wabup menambahkan, pencegahan stunting penting dilakukan sedini mungkin untuk membebaskan setiap anak Indonesia dari risiko terhambatnya perkembangan otak yang menyebabkan tingkat kecerdasan anak tidak maksimal.

“Penurunan angka stunting memerlukan dukungan dan Komitmen bersama antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Kabupaten serta seluruh stake holder yang terlibat untuk mewujudkannya,” tambahnya.

Menurutnya, bahwa tantangan menjadi berat karena adanya Pandemi Covid 19, sehingga komitmen perlu dibangun untuk mensukseskan pencegahan dan penurunan stunting.

“Olehnya, melalui kegiatan ini saya mengajak kita semua yang hadir saat ini agar mengambil bagian sesuai dengan tugas dan fungsinya untuk menurunkan angka stunting di Kabupaten Touna,” tutupnya.(red)

Komentar

News Feed