oleh

Prioritaskan Pengembangan Wisata Pulau Togean, Wagub Sulteng Dukung Percepatan Pemekaran

TOUNA– Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Tengah (Sulteng), Ma’mun Amir melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Tojo Una-Una (Touna), Minggu (3/10).

Dalam kunjungan kerja ini, Wagub turut didampingi Wakil Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Sulteng, Staf Ahli Bidang Pengembangan Wilayah Dahri Saleh.

Pada kesempatan itu, Wagub bersama Wakil TP-PKK Sulteng, Wakil Bupati Touna, Ilham Lawidu, Ketua DPRD Touna, Mahmud Lahay, Ketua TP PKK Touna dan rombongan juga berkunjung ke Pulau Papan dan Pulau Kadidiri, Kabupaten Touna, Senin (4/10).

Wagub menyampaikan, bahwa kunjungan bersama Wakil Bupati dan Ketua DPRD Touna ke kepulauan Togean untuk memastikan program prioritas yang akan dilaksanakan tahun 2022 melalui program Rp 100 miliar per tahun.

Dalam kunjungan itu, Wagub bersama rombongan berkesempatan melihat jembatan papan yang menghubungkan pulau dalam satu Desa Kadoda Kecamatan Talatako.

Dikatakannya, bahwa jembatan papan tersebut dalam kondisi rusak dan tidak dapat lagi dimanfaatkan. Olehnya, jembatan tersebut akan menjadi prioritas tahun 2022.

“Saya berharap kepada pemerintah pusat agar dilakukan kajian menyeluruh percepatan pengembangan pulau yang berpenghuni. Kalau hal tersebut tidak dilakukan pasti masyarakat kita di kepulauan ini akan lambat menikmati pembangunan,” ujarnya.

Wagub juga berharap perlunya sekolah dibangun di wilayah Kepulauan Togean supaya kualitas anak-anak setempat bisa meningkat. Saya bersama Gubernur akan terus mendorong agar prioritas pembangunan pengembangan destinasi wisata Pulau Togean dapat segera terwujud. Sesuai visi dan misinya bersama gubernur untuk pemekaran wilayah, salah satunya percepatan pembentukan Kabupaten Togean.

“Hal ini bertujuan untuk mempercepat pembangunan dan pelayanan masyarakat di wilayah Kepualuan Togean. Saya bersama Gubernur akan mendorong dan mengusulkan agar pemerintah pusat melakukan kajian strategi mempercepat pembangunan daerah kepulauan,” tukasnya.

Komentar

News Feed