oleh

HUT Ke-76 RI, 167 Narapidana Lapas Klas IIB Ampana Terima Remisi

TOUNA | Sebanyak 167 orang Narapidana di Lapas Klas II B Ampana, Kabupaten Tojo Una-Una (Touna) menerima remisi umum dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, Selasa (17/08/2021).

Penyerahan remisi ini digelar digelar Vidcon bersama Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, yang diikuti Kalapas Klas IIB Ampana Gunawan serta Pejabat  Struktrul dan sejumlah Pegawai dengan menerapkan protokol kesehatan.

Kalapas Klas IIB Ampana Gunawan mengatakan, bahwa sebanyak 167 orang narapidana di Lapas Klas II B Ampana mendapatkan remisi umum dalam rangka HUT RI Ke-76.

“Untuk besaran remisi didapatkan oleh Narapidana yakni 1 bulan s/d 6 bulan,” kata Gunawan kepada media ini usai kegiatan.

Lanjut, kata Gunawan, untuk Narapidana yang mendapatkan remisi 1 bulan sebanyak 11 orang, remisi 2 bulan 28 orang, 3 bulan 31 orang, 4 bulan 24 orang.

“Sedangkan remisi 5 bulan sebanyak 66 orang dan remisi 6 bulan 7 orang.

Dia menambahkan, dari 167 orang Narapidana yang mendapatkan remisi HUT ke-76 RI, semua tidak ada yang langsung bebas, karena masih terdapat masa tahanan.

“Remisi diberikan sebagai wujud apresiasi terhadap pencapaian perbaikan diri yang tercermin dalam sikap dan prilaku sehari-hari Narapidana. Jika mereka tidak berprilaku baik maka hak remisi tidak akan diberikan,” tambahnya.

Menurutnya, bahwa remisi diberikan kepada seluruh Narapidana yang telah memenuhi persyaratan administratif dan substantif.

“Diantaranya telah menjalani pidana minimal 6 bulan dan tidak terdaftar pada register F (buku catatan pelanggaran disiplin Narapidana), serta aktif mengikuti program pembinaan di Lapas, Rutan, atau Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA),” tukasnya.

 

Komentar

News Feed