oleh

Tinjau Warga di Pengungsian, Ketua DPRD Touna Salurkan Bantuan Sembako

TOUNA | (IT) – Ketua DPRD Tojo Una-Una (Touna) Hi.Mahmud Lahay, SE, M.Si bersama BMKG, pada Kamis (29/07/2021) turun langsung meninjau beberapa titik lokasi pengungsian pasca gempa yang terjadi di Kabupaten Touna.

Ketua DPRD Touna, Mahmud Lahay mengatakan, dalam kunjungan tersebut warga mendapatkan penjelasan langsung dari BMKG terkait peristiwa gempa yang terjadi baru-baru ini.

“Alhamdulillah, Saya bersama Asisten 1 mendampingi kepala BMKG Sulawesi tengah, Kepala BMKG Goa Sulawesi Selatan dan Kepala BMKG Poso untuk memberikan penjelasan dan arahan kepada pengungsi yang masih berada di titik pengungsian diwilayah Saluaba, Sabulira, Kajulangko dan Uemalingku Atas, Tete B, Labuan, Muara Toba, ” kata Mud Lahay nama panggilan Ketua DPRD Touna itu .

Lanjut, kata dia, bahwa setelah hari ke-4 mereka di pengungsian setelah diberikan penjelasan oleh BMKG dan mereka mendapat informasi yang akurat.

“Jadi isu-isu miring yang beredar itu sudah selesai dan mereka siap turun, ada yang sore ini dan ada yang nanti besok pagi,” lanjutnya.

Ketua DPRD Touna pada kesempatan itu juga memberikan bantuan secara pribadi berupa paket sembako kepada ratusan pengungsi yang masih berada di sejumlah lokasi.

Awalnya saya telfon kepala BPBD Pak Alfian. Saya menyarankan tolong diberikan bantuan kepada para pengungsi sekarang ini. Seperti di Uemalingku atas itu masih sekitar 300 orang. Namun berdasarkan keterangan Pak Alfian Pemda tidak dibenarkan memberikan bantuan jika tidak ada bukti fisik kerusakan maupun korban jiwa.

“Olehnya saya berinisiatif memberikan bantuan pribadi kepada semua titik-titik yang kita kunjungi tadi berupa paket sembako,” tambah Mud Lahay.

Mud Lahay menghimbau kepada masyarakat yang saat ini masih berada di pengungsian untuk kembali ke rumah masing-masing dan beraktifitas seperti biasa.

“Setelah mendengarkan penjelasan teknis dari kepala BMKG, hari ini Alhamdulilah sesuai hitungan matematikanya Alhamdulillah Touna ini masih aman, adapun gempa-gempa susulan yang kecil-kecil itu memang kurang lebih selama 25 hari,” ujarnya.

Saya menghimbau kepada masyarakat tidak usah takut dan kembali ke rumah masing-masing untuk melaksanakan aktifitasnya sebagaimana biasa.

Komentar

News Feed