oleh

BNNK Touna Gelar Rakor Pengembangan dan Pembinaan Daerah Tanggap Ancaman Narkoba

TOUNA | (IT) – Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Tojo Una-Una (Touna) menggelar rapat koordinasi (Rakor) Pengembangan dan Pembinaan Kota/Kabupaten tanggap Ancaman Narkoba, Kamis (29/07/2021) di Freschi Cafe & Resto Jl. Yos Sudarso Kelurahan Uentanaga Bawah Kecamatan Ratolindo.

Rakor digelar dalam rangka upaya menjalin sinergitas antar instansi dan menekan serta meminimalisir penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba guna mewujudkan Kabupaten Touna Tanggap Ancaman Narkoba.

Rakor tersebut melibatkan 20 peserta dari Instansi vertikal dan OPD di Kabupaten Touna yang berhubungan langsung dengan pelaksanaan fasilitasi Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

Adapun Narasumber pada Rakor tersebut yaitu Kepala BNNK Touna, AKBP Djohansah Rahman, S. Pd, Kejaksaan Negeri Touna, Dodi Irawan, SH, MH, Sekertariat Daerah Kabupaten Touna, Sigit Labolong, S. STP, MAP dan dari Praktisi Hi. Samsudin Pay, S.Ag, M. Si.

Kepala BNNK Touna, AKBP Djohansah Rahman mengatakan, kasus narkoba bukan hanya tanggung jawab kepolisian atau BNN saja. Namun, permasalahan ini menjadi tanggung jawab seluruh stakeholder, Pemerintah Daerah (Pemda) serta harus melibatkan seluruh aspek masyarakat.

“Peran Pemerintah Daerah adalah mengolaborasi dan memobilisasi sumber daya yang dimiliki seluruh komponen di daerah, baik kalangan pemerintah, dunia usaha, maupun masyarakat,” kata AKBP Djohansah Rahman kepada media ini usai kegiatan.

Djo nama panggilan akrab Kepalaa BNNK Touna itu menambahkan Pemda juga harus melakukan upaya antisipasi, adaptasi, mitigasi ancaman dan penyalahgunaan serta peredaran gelap narkoba sesuai dengan Inpres Nomor 02 tahun 2020 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (RAN P4GNPN) Tahun 2020-2024.

“Untuk itu Sinergitas Stakeholder dalam upaya memerangi Narkoba secara komprehensif sangat diharapkan serta berkelanjutan, untuk dapat menjadikan Touna tanggap dan bersih dari Ancaman Narkoba,” tukasnya.

Komentar

News Feed