oleh

Team Resmob Polres Touna Berhasil Menangkap Pelaku Pencurian Ternak

TOUNA – Team Resmob Polres Tojo Una-Una (Touna berhasil menangkap pelaku tindak pidana pencurian ternak dua ekor sapi milik warga Desa Uebone, Kecamatan Ampana Tete, Kabupaten Touna.

Pelaku berinisial IP alias Ikbal (22) warga asal Kelurahan Lolu, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi ditangkap pada hari sabtu 05 Juni 2021 di Desa Uebone, Kecamatan Ampana Tete, Touna, sekitar pukul 16.00 Wita.

Kasus ini terjadi pada hari Selasa tanggal 01 Juni 2021 sekitar pukul 17.00 Wita pelapor laki-laki Idham datang kekebun untuk memindahkan sapi miliknya di jalan Lemba Jongi Desa Uebone, Kecamatan Ampana Tete, namun sudah tidak ada (hilang) atas kejadian tersebut korban mengalami kerugian sebesar Rp. 5 juta.

Kemudian pada hari Rabu tanggal 02 Juni 2021, korban juga kehilangan 1 ekor sapi miliknya dengan kerugian sebesar Rp. 6 juta.

“Jadi total kerugian yang dialami korban atas kejadian tersebut sebesar Rp. 11 juta,” kata Wakapolres Touna, Wakapolres Touna, Kompol I Made Dharma, SH didampingi Kasat Reskrim Iptu Tonny Lantja, SH dan Kasubbag Humas Iptu Tryanto saat konfrensi pers, Rabu (09/06/2021).

Kompol I Made Dharma mengatakan, pada hari Sabtu tanggal 05 Juni 2021 sekitar pukul 13.30 Wita Team Resmob mendapatkan informasi dari Piket Reskrim bahwa telah ada pencurian ternak di Desa Uebone, Kecamatan Ampana Tete.

“Mendapatkan informasi tersebut, Team Resmob melakukan penyelidikan dan introgasi terhadap korban, pada saat korban di introgasi membenarkan bahwa sapi miliknya yang disimpan di kebun 2 ekor warna merah dan putih telah tidak ada/hilang,” ujarnya.

Lanjut, kata Kompol I Made Dharma, pada saat itu Team Resmob langsung bergerak melakukan penyelidikan di Desa Uebone, Kecamatan Ampana Tete.

“Sekitar pukul 15.00 Wita, Team mendapatkan informasi dari informan bahwa yang melakukan pencurian ternak di Desa Uebone, Kecamatan yakni pelaku IP alias Ikbal,” lanjutnya.

Selanjutnya, jelas Kompol I Made Dharma, Team Resmob bergerak untuk melakukan pengejaran terhadap pelaku IP alias Ikbal dan sekitar pukul 16.00 Wita, Team berhasil menangkap pelaku di Desa Uebone dan dibawa ke Mako Polres Touna untu dilakukan penyelidikan lebih lanjut.

“Dari hasil pemeriksaan, bahwa pelaku mengakui perbuatannya dan telah menjual sapi hasil curian tersebut di Kecamatan Biromaru, Kabupaten Sigi dengan harga sebesar Rp. 10 Juta,” jelasnya.

Kompol I Made Dharma menambahkan, untuk barang bukti berupa trek yang digunakan untuk memuat sapi hasil curian tersebut masih dalam pencarian begitu juga barang bukti 2 ekor sapi tersebut.

“Untuk pelaku dipersangkakan dengan Pasal 363 Ayat (1) KUHPidana dengan ancaman penjara 5 tahun keatas,” tambahnya.(yya)

 

 

 

 

Komentar

News Feed