oleh

Polres Touna Berhasil Menangkap Pelaku Curanmor

TOUNA – Kepolisian Resor (Polres) Tojo Una-Una (Touna) berhasil mengungkap dan menangkap pelaku tindak pidana pencurian sepeda motor (Curanmor) yang terjadi di Taman Bandara Tanjung Api jalan Trans Sulawesi Desa Pusungi, Kecamatan Ampana Tete, Kabupaten Touna. Pelaku berinisial KR alias Yadi (28) warga asal Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Kasus ini terjadi pada Kamis 03 Juni 2021 sekitar pukul 18.30 Wita, dimana saat itu seorang perempuan membawa sepeda motor merek Yamaha Aerox warna abu-abu tiba di kios yang memarkirkan kendaraannya tanpa mencabut konci kontak.

“Kemudian pelaku dengan cepat-cepat berjalan menuju ke kendaraan tersebut langsung menyalakan dan membawa pergi sepeda motor tersebut disembunyikan dalam kebun,” kata Wakapolres Touna, Kompol I Made Dharma, SH didampingi Kasat Reskrim Iptu Tonny Lantja, SH dan Kasubbag Humas Iptu Tryanto kepada awak media pada saat Konfrensi Pers bersama awak media, Rabu (09/06/2021).

Lanjut, kata Kompol I Made Dharma, sekitar pukul 00.00 Wita pelaku bertujuan ke Kabupaten Poso dan sekitar pukul 15.00 Wita pelaku tiba di Kabupaten Poso dan beristrahat di taman kantor Bupati.

“Pada malam hari tersangka mencari kios untuk menumpang cars HP, Sekitar pukul 21.00 Wita team Resmob Polres Touna mendapatkan informasi dari informan bahwa sepeda motor yang hilang tersebut berada di jalan Pulau Sumatra, Kecamatan Poso Kota, Kabupaten Poso dan pada saat itu juga Team Resmob Polres Touna berkordinasi dengan Team Resmob Polres Poso untuk melakukan penangkapan terhadap pelaku,” lanjutnya.

“Mendengar informasi tersebut, sekitar pukul 22.30 Wita Team Resmob Polres Touna menuju Polres Poso untuk menjemput pelaku beserta barang bukti dan tiba di Polres Poso sekitar pukul 02.00 Wita dan sekitar pukul 02.30 Wita Team Resmob Polres Touna kembali ke Touna membawa pelaku beserta barang bukti sepeda motor,” ujarnya.

Dia menambahkan, pada saat Team Resmob melakukan introgasi tambahan sekitar pukul 06.30 Wita, pelaku melakukan perlawan dan mencoba melarikan diri, sehingga Team memberikan tembakan peringatan dan melakukan tidakan tegas terukur melumpuhkan pelaku yang mengenai betis sebelah kanan.

“Selanjutnya pelaku di bawa ke RS Ampana untuk mendapatkan perawatan medis. Setelah mendapatkan perawatan medis pelaku di bawa ke Mako Polres Touna untuk dilakukan proses penyelidikan lebih lanjut,” tambahnya.

Dia menyebutkan, saat ini penanganan perkara yang dilakukan pelaku dalam tahap penyusunan berkas perkara (Pemberkasan) dan selanjutnya berkas perkaara akan diserahkan ke Kejaksaan (Tahap 1).

“Pelaku dipersangkakan dengan Pasal 362 KUHPidana dengan ancaman pidana penjara paling lama lima tahun, atau pidana denda paling banyak sembilan ratus rupiah,” sebutnya.(yya)

Komentar

News Feed