oleh

Rakerda Komda Alkahairaat Touna di Hadiri Ketua Umum PB Alkhairaat Pusat Palu

Touna | SultengSatu.com – Pengurus Komisariat Daerah (Komda) Alkhairaat Kabupaten Tojo Una-Una (Touna) menggelar Rapat Koordinasi Daerah (Rakerda) bersama Pengurus Cabang (Pencab) Alkhairaat se-Kabupaten Touna, Selasa (06/04).

Kegiatan yang digelar di hotel Ananda Ampana ini, dihadiri langsung oleh Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Alkhairaat Pusat Palu, Habib Ali Bin Muhammad Aljufri, didampingi pengurus Wilayah Alkhairaat Sulawesi Tengah.

Kegiatan yang hanya berlangsung selama satu hari itu beragendakan mendengarkan Laporan Pertanggung jawaban Pengurus Komda Alkhairaat atas berakhirnya masa khidmat 2016/2021, yang dilanjutkan dengan Musyawarah penyusunan rekomendasi bakal Calon Ketua Komda Alkhairaat untuk masa khidmat 2021-2026.

Ketua Komda Alkhairaat Kabupaten Touna, Hi. Mahmud lahay, SE, MM dalam sambutannya menyampaikan bahwa selama lima tahun kepengurusan Komda Alkairaat Kabupaten Touna, khususnya anggaran di bidang pendidikan dibantu oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Touna.

“Untuk Yayasan Pendidikan Alkhairaat terus mengalami penambahan, seperti dana Bantuan Operasinal Sekolah maupun anggaran infrastuktur lainnya,” ucap Mud Lahay nama panggilan akrabnya.

Mud Lahay yang juga Ketua DPRD Touna itu mengatakan, untuk anggaran pendidikan, dana Bosda Alkhairaat setiap tahunnya bertambah. Tahun 2021 ini, total jumlah dana bosda Alkhairaat dari sekolah MDA, MI, SMP, MTS, dan MA sebesar 3,5 miliar.

“Kenaikan anggaran Alkhairaat tentu disusul dengan bertambahnya siswa yang berada Madrasah-madrasah Alkhairaat dan hingga saat ini total jumlah siswa Alkhairaat sebanyak 10.274 siswa,” katanya.

Dia juga mengatakan, bahwa untuk guru-guru Alkhairaat yang berada di Desa telah dibiayai oleh Pemerintah Desa melalui instruksi Pemerintah Daerah Kabupaten Touna, dimana dengan besaran gaji guru Alkhairaat sebesar 500.000 rupiah.

“Kami juga berencana untuk gaji guru yang ada di Desa tahun 2021, akan dinaikan lagi menjadi 750.000 Ribu Rupiah. Untuk total keseluruhan anggaran dana Bosda dan anggaran infrastktur Alkhairaat yang dibantu oleh Pemerintah Derah kepada Alkhairaat sebanyak 19 Miliar. Jadi setiap tahun Dana Bosda dan Infrastruktur Alkhairaat itu mengalami penambahan,” jelasnya,

Lanjut, kata Mud,  bahwa rapat koordinasi yang digelar hari ini merupakan proses berakhirnya Masa kepengurusan Komda Alkhairaat untuk masa khidmat 2016/2021.

” Jadi, siapapun yang akan ditunjuk dan dipercayakan untuk menjadi ketua Komda Alkhairaat masa khidmat 2021/2026, saya tetap berada didalam hidup dan mati, karena membesarkan Alkhairaat adalah kewajiban dan tanggung bagi kita selaku abnaulkhairaat, jabatan saya sebagai Ketua DPRD hanyalah jabatan dunia, tapi jabatan saya di Komda Alkhairaat, adalah jabatan untuk akhirat,” tukasnya.(yya).

Komentar

News Feed