oleh

Dinas Parawisata Touna Akan Melaksanakan Pelatihan Bahasa Asing Tingkatkan SDM Pekerja Wisata

Touna|Sultengsatu.com – Dinas Parawisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Tojo Una-Una (Touna) melalui Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) dan Ekonomi Kreatif pada triwulan II tahun 2021 akan melaksanakan pelatihan bahasa asing yang  diikuti tenaga kerja parawisata di Kabupaten Touna sebanyak 75 peserta.

“Kegiatan pelatihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan SDM para pekerja Parawisata guna memajukan parawisata di Kabupaten Touna,” kata Kepala Bidang SDM dan Ekonomi Kreatif Disparbud Touna, Karnina A. Dipu, SE didampingi Kepala Seksi Penelitian Pengembangan dan Pengkajian Pariwisata, Amsal Arifin, S.Sos, Selasa (16/3/2021).

Karnina mengatakan, pelatihan ini paling fokus kita berikan kepada tenaga kerja yang ada di Cotage-cotage, Tenaga Informasi (TIS), anak-anak Gempita Pesona (Gempi), dan penjaga-penjaga Destinasi yang ada di lima titik.

“Untuk penjaga Distinasi yang pertama di Marowo ada 4 orang, Malotong ada 4 orang, Talatako di Marapandang ada 2 orang, Ubur-ubur 2 orang, dan Jeribis. Jadi mereka-mereka ini, akan kita rekrut untuk ikut pelatihan dengan jumlah peserta sebanyak 75 orang,” kata Karina.

Dikatakannya, untuk pelaksanaan pelatihan ini, direncakanan pada triwulan II yang nantinya kita fokuskan di Kantor Disparbud Touna, karena Dinas juga memiliki gedung.

“Sementara instruktur/pengajar akan kami ambil dari luar untuk memberikan pelatihan paling lama 1 s/d 2 bulan. Jadi para peserta ini, nantinya setelah selesai akan diberikan sertifikat,” ujarnya.

Dia menambahkan, selain pelatihan kursus bahasa asing, kami juga akan melaksanakan pelatihan tenaga kebersihan yang ada di enam tempat Destinasi dengan jumlah peserta sebanyak 25 orang.

“Untuk kegiatan pelatihan ini menggunakan APBN tahun 2020, karena ada sisa anggaran tahun kemarin maka kami akan melaksanakan kegiatan pelatihan tersebut,” tambahnya.(yya)

Komentar

News Feed