oleh

Pemda Touna dan BKSDA Wilayah II Poso Berikan Edukasi Konservasi Penyu Kepada Masyarakat

Touna | SultengSatu.com – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Tojo Una-Una (Touna) bekerjasama dengan Balai Taman Nasional Kepulauan Togean (BTNKT) memberikan edukasi konservasi penyu kepada sejumlah masyarakat Ampana, Kabupaten Touna, Jumat (12/03).

Kegiatan itu ditandai dengan pelepasan empat ekor penyu oleh Pejabat Sementara (PJS) Bupati Touna, Taslim DM. Lasupu yang didampingi Kepala Seksi Konservasi Wilayah II Poso, Iksan.

Pjs. Bupati Touna, Taslim DM. Lasupu dalam sambutannya mengimbau kepada masyarakat Kabupaten Touna, agar tidak lagi melakukan aktifitas pemburuan terhadap satwa yang dilindungi oleh Pemerintah.

“Sebab kalau masyarakat selalu melakukan pemburuan, satwa tersebut akan mengalami kepunahan,” kata Taslim DM. Lasupu.

Dikatakannya, istansi terkait melakukan upaya pemeliharaan dan keamanan agar tidak terjadi kepunahan terhadap semua satwa yang dilindungi.

“Jadi kalau bisa stop melakukan pemburuan terhadap satwa yang dilindungi, karena akan mengalami kepunahan,” pintanya.

Taslim menambahkan, untuk menjaga satwa yang dilindungi, tidak hanya menjadi tugas pemerintak saja.  Akan tetapi semua element masyarakat berkewajiban untuk mempertahankan keberadaan hewan purba atau hewan langkah tersebut.

“Olehnya, saya atas nama Pemerintah Daerah memberikan apresiasi atas kerja-kerja perlindungan oleh BKSDA ,” tambahnya.

Dan kepada masyarakat, harap Taslim , jika ada melihat pelanggaran-pelanggaran mengekspolitasi hewan purba ini dapat melapor ke BKSDA, Dinas Kelautan dan Perikanan, termasuk pihak kepolisian.

“Sehingga apabila kita bergandengan tangan menyelamatkan penyu ini, apa yang kita kwatirkan tidak akan terjadi,” tukasnya.(yya).

Komentar

News Feed