oleh

Cegah Penyalahgunaan Senpi, Personil Polres Touna Jalani Pemeriksaan

TOUNA – Personel Polres Tojo Una-Una (Touna) baik bintara maupun Perwira pemegang senjati api (senpi) menjalani pemeriksaan. Pemeriksaan yang berlangsung di halaman Mako Polres Touna ini dipimpin langsung Kapolres Touna, AKBP Riski Fara Sandhy, Senin (11/1/2021).

Kapolres Touna, AKBP Riski Fara Sandhy mengatakan, bahwa pemeriksaan ini dilakukan untuk menginventarisir dan mengecek kondisi senjata api dinas serta melakukan pemeriksaan Surat Ijin Memegang Senjata Spi (Simsa) sebagai syarat pemegang senpi bagi anggota Polri.

“Selain itu, tujuan dilaksanakannya kegiatan ini juga, untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan diantaranya penyalahgunaan senjata api oleh personel Polres Touna,” kata AKBP Riski Fara Sandhy, Senin (11/1/2021).

Kapolres menegaskan, apabila ditemukan anggota yang tidak memenuhi syarat untuk memegang senjata api maka langsung ditarik dan disimpan dalam gudang sarpras.

“Jadi sasaran dalam kegiatan pemeriksaan senpi kali ini adalah pemeriksaan terhadap masa berlaku Surat Ijin Memegang Senjata Api (Simsa), kebersihan senpi serta pengecekan jumlah amunisi yang dipinjam pakaikan kepada personil pemegang senpi inventaris,” jelas Kapolres.

Kapolres juga mengatakan, pengecekan ini juga berfungsi sebagai sarana kontrol barang milik negara, dimana terdapat hak dan kewajiban yang harus terpenuhi baik administrasi, maupun operasionalnya.

“Sehingga tidak sampai mengganggu tugas-tugas pelayanan kepada masyarakat dan menciptakan situasi wilayah yang aman dan kondusif,” tukasnya.(RED/HMS).

Komentar

News Feed