oleh

Langar Kode Etik, Anggota Panwascam Walea Kepulauan Diberhentikan

TOUNA – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Tojo Una-Una (Touna) melaksanakan Pelantikan Pergantian Antar Waktu (PAW) terhadap anggota Panwas Kecamatan Walea Kepulauan, Senin (4/1/2021) bertempat kantor Bawaslu Touna.

Pelantikan PAW Panwascam Walea Kepulauan ini berdasarkan keputusan Bawaslu Kabupaten Tojo Una-Una Nomor : 01/BAWASLU-PROV.ST-12/HK.01/1/2021 Tanggal 4 Januari 2021.

Ketua Bawaslu Touna, Drs. Abas menjelaskan, bahwa anggota Panwascam Walea Kepulauan dinilai tidak netral, melanggar sumpah janji jabatan maupun kode etik sebagai pengawas pemilu.

“Berdasarkan fakta mengambil langkah yang pertama dengan mengundang yang bersangkutan guna dimintai keterangan klarifikasi dan yang bersangkutan mengakui kesalahan tersebut,” jelas Abas.

Sehingga, kata Abas, kami melaksanakan rapat pleno memberhentikan sebagai anggota panwascam Kecamatan dan menggantikan anggota lainnya yang berada diperingkat Berikutnya.

“Olehnya,  pada hari ini, tanggal 4 Januari 2021, kami sudah wujudkan dengan melaksanakan pelantikan yang awalnya Abdul Latif Lahami kami berhentikan dan digantikan oleh Mohammad Amin yang juga mengikuti seleksi penerimaan Anggota Panwascam,” kata Abas.

Dia berharap dengan adanya pergantian hari ini, semoga Bawaslu tetap menjaga integritas  sebagai penyelengara dalam pengawasan pemilu.

“Walaupun sisa waktu dua bulan, namun penetapan pasangan calon belum ditetapkan, karena masih menunggu hasil dari MK,” Pungkasnya.(RED).

Komentar

News Feed