oleh

Bupati Bangkep Buka Sosialisasi Program Rehabilitasi dan Pasca Rehabilitasi di Lingkungan Masyarakat

Bangkep, Sultengsatu.com – Bupati Banggai Kepulauan (Bangkep) H. Rais D. Adam membuka secara resmi Sosialisasi Program Rehabilitasi dan Pasca Rehabilitasi di Lingkungan Masyarakat Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep), Kamis, (17/12) di ruang rapat Kantor Bupati Bangkep.

Turut hadir Sekertaris Daerah Rusli Moidady, ST, MT, Ketua DPRD Bangkep, Rusdin Sinaling, Kepala BNNP Sulteng, Brigjen Pol Monang Situmorang, SH, M.Si, Perwira Penghubung 1308 LB Sutikno, Kapolres yang diwakili Kabag Ren, Kepala BNNK Bangkep, Kepala OPD Lingkup Pemda Bangkep dan peserta sosialisasi.

Dalam sambutan Bupati Rais Adam menyampaikan, Saya selaku Pemerintah Daerah beserta Forkopimda dan seluruh Pejabat Daerah siap untuk membantu, mendukung mencegah peredaran narkoba baik ditingkat internal maupun ditingkat pelosok daerah.

Sementara itu, Kepala BNN Provinsi Sulawesi Tengah Brigjen Pol Monang Situmorang mengatakan, bahwa masih ada anggapan-anggapan di masyarakat bahwa orang yang pecandu ataupun pengguna penyalagunaan narkoba ini merupakan aib bagi keluarga.

“Sebenarnya kami berharap kita semua bisa menyampaikan kepada masyarakat bahwa mereka juga sebenarnya tidak ingin menjadi korban ataupun pecandu narkoba,” kata Monang.

Dikatakannya, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 bagi para pecandu ataupun pemakai narkoba yang mau melaporkan secara sukarela tidak diproses hukum.

“Kita sudah berjalan ke semua kabupaten yang ada di Provinsi Sulteng dan kita minta kepada pemerintah daerah untuk menunjuk rumah sakit atau puskesmas yang menerima rujukan daripada rehabilitasi para pecandu ataupun korban penyalagunaan narkotika,” ujarnya.

Adapun penyalahgunaan ataupun pemakai narkoba selama satu tahun terakhir untuk Sulawesi Tengah menduduki peringkat ke empat di Indonesia, yang pertama Sumatra Utara, Sumatra Selatan, DKI Jakarta, Sulawesi Tengah.

Sumber: Roy/Kominfo Bangkep

Komentar

News Feed