oleh

BAWASLU : Hasil Rekapitulasi Sudah Sesuai Perolehan Suara

Touna,  Sultengsatu.com – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Tojo Una-Una (Touna) melakukan pengawasan penuh jalannya kegiatan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan Hasil perhitungan suara pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Touna, Senin (14/12) s/d Rabu (16/12) di Hotel Grand Pink Ampana.

“Berdasarkan hasil pengawasan Bawaslu Kabupaten Touna rekapitulasi perhitungan suara yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Touna khususnya tingkat Kabupaten sudah sesuai hasil perolehan suara,” kata Ketua Bawaslu Touna, Drs. Abas kepada wartawan, Rabu (16/12).

Dikatakan Abas, bahwa hasil keseluruhan dari pengawasan kami sudah sesuai dengan pada hasil perolehan suara sedikit pun tidak ada perbedaan dari awal sampai terakhir.

“Hanya ada berbeda sedikit yaitu salah penulisan DPT, kemudian salah kolom, surat suara yang keliru yang dikembalikan atau surat suara yang di coblos salah dalam penempatan, sehinggah mempengaruhi untuk tidak konek dalam penjumlahan,” kata Abas.

Abas menambahkan, pada hari pertama memang sempat kami merekomendasikan pembukaan kotak, khusus kepada Kecamatan Walea Besar terkait dengan transparansi terhadap pemilih yang menggunakan KTP dan Surat Keterangan (Suket) para saksi juga melihat langsung memang benar adanya jumlah yang dianggap begitu banyak, setelah di perlihatkan melalui pembukaan kotak memang faktanya sudah seperti itu.

“Kemudian pada malam hari ada lagi pembukaan satu kotak atas permintaan saksi dan Bawaslu juga memberikan rekomendasi untuk transparansi juga melihat pemilih yang menggunakan KTP dan Suket untuk 1 TPS di Kecamatan Walea Besar yaitu Desa Biga,” tambahnya.

Lanjut, kata dia, pada hari terakhir Bawaslu juga merekomendasi pembukaan kota suara yang juga hal yang sama terkait transparasi penggunaan KPT dan Suket di TPS Desa Pusungi.

“Jadi berdasarkan hasil pengawasan kami, seluruh proses tahapan rekapitulasi baik dari tingkat TPS, Kecamatan sampai tingkat Kabupaten berjalan lancar dan aman sesuai hasil perolehan suara,” tutupnya.(RED).

Komentar

News Feed