oleh

Adanya Laporan dan Temuan Dugaan Pilkada, Bawaslu Touna Masih Lakukan Kajian

Touna,  Sultengsatu.com – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Tojo Una-Una (Touna)  hingga saat ini masih melakukan kajian terhadap sejumlah laporan dan temuan adanya dugaan pelanggaran saat pelaksanaan Pilkada Serentak 2020.

Ketua Bawaslu Touna, Drs. Abas mengatakan, bahwa kajian yang dilakukan pihaknya untuk mengetahui apakah dugaan pelanggaran yang dilaporkan atau yang menjadi temuan pihaknya memenuhi unsur atau tidak.

“Hingga saat ini, kami masih melakukan proses kajian terhadap sejumlah laporan dan temuan atas dugaan pelanggaran saat pilkada berlangsung apakah memenuhi unsur atau tidak,” ujarnya.

Untuk itu, kata Abas, hasil kajian yang dilakukan pihaknya, selanjutnya diumumkan ke publik sebagai bentuk transparansi pihaknya.

Sementara itu, Divisi Hukum, Penanganan Pelanggaran dan Sengketa (HPPS) Bawaslu Touna, Leming menjelaskan, pihaknya telah menerima sejumlah laporan dugaan pelanggaran pasca pelaksanaan Pilkada Serentak Touna.

“Jadi seperti laporan terkait adanya pembagian pupuk dan sembako di wilayah Ampana Tete dan Tojo,” jelasnya.

Leming mengatakan, untuk laporan lainnya saat ini, masih dalam proses kajian yakni soal keterlibatan ASN dan aparat desa.

” Kami sudah melakukan kajian awal terkait laporan tersebut dan akan menggelar kasus di Gakkumdu.Jika ditemukan adanya unsur maka kami akan merekomendasikan secara hukum,” ujarnya.

Dia menambahkan, atas laporan dan temua dugaan pelanggaran saat pilkada, pihaknya juga telah memintai keterangan kepada  sejumlah pihak.

“Insya Allah dalam waktu dekat seluruh kajian yang kami lakukan rampung dan segera kami umumkan,” tutupnya.(RED).

Komentar

News Feed